Selamat datang diblog saya

Bloger yang lucu dan menggemaskan....

Sabtu, 19 Maret 2011

rencana pelaksanaan pembelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah                       : SMPN 15 Balikpapan
Mata pelajaran                      : Matematika
Kelas / semester                    : VIII/II
Standar Kompetensi             :  4. Menentukan unsur lingkaran,bagian lingkaran serta ukurannya.
Kopetensi Dasar                   :  4.1. Menentukan unsur dan bagian –bagian lingkaran
Indikator                                :  4.1.1. Menjelaskan definisi lingkaran.
4.1.2. Menyebutkan unsur-unsur dari suatu lingkaran
4.1.3. Menjelaskan secara rinci bagian –bagian dari lingkaran
Alokasi waktu                       : 1 x pertemuan
Tujuan Pembelajaran           :  4.1.1. Siswa dapat menjelaskan definisi lingkaran
4.1.2. Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur dari lingkaran.
4.1.3. Siswa dapat menjelaskan secara rinci bagian –bagian dari lingkaran .

Materi                                    :
1.      Definisi Lingkaran
Lingkara adalah Kurva (lengkung) tertutup sederhana dimana tiap titik pada kurva adalah berjarak sama terhadap sebuah titik pada pusatnya.







Titik pusat : Suatu titik tertentu berada dalam kurva tersebut.
Jari-jari lingkaran : Jarak antara titik pusat terhadap garis lengkung
 

 









Unsur-unsur lingkaran.
·   Jari-jari lingkaran          :jarak antara titik pusat terhadap garis lengkung (kurva);dinotasikan dengan  ( r )
·   Busur lingkaran            : Lengkung lingkaran yang terletak diantara dua titik pada lingkaran.
·   Tali busur                      : Garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran yang terletak pada lingkaran.
·   Diameter                        : Tali busur yang melalui titik pusat lingkaran.
·   Apotema                        : Jarak tali busur dengan titik pusat lingkaran
·   Tembereng                     : Daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh tali busur dan busur dihadapan tali busur
·   Juring                             : Daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua jari-jari dan busur yang diapit oleh kedua jari-jari tersebut.
Pendekatan metode  :
1.        Tanya jawab
2.        Diskusi kelompok
3.        Presentasi
4.        Penugasan
Kegiatan pembelajaran       :
a. Pertemuan 1
Pendahuluan              : Motivasi model dan bentuk lingkaran yang digunakan  dalam kehidupan sehari-hariterutama pada tehnik introduksi pada lingkaran.
b. Kegiatan inti
Eksplorasi                   : Tanya jawab tentang lingkaran yaitu menunjukan unsur-unsur dari lingkaran ,serta manggambarkan lingkaran dengan menunjukan bagian-bagian lingkaran.
Elaborasi                     : Kegiatan menemukan panjang tali busur dan apotema,bagi yang belum bisa dibimbing sampai bisa.
Konfirmasi                  : Latihan soal-soal sebagai uji kompetensi sambil penilaian.
                        Penutup                      :
1.      Tugas PR
2.      Rangkuman
3.      Tugas terstruktur individu /kelompok.
Penilaian                     : Tertulis dalam bentuk essay dan tugas individu dalam bentuk siapa cepat mendapatkan award.






Sumber belajar                     :
1.            Sukino / Wilson simangunsong : Matematika untuk SMP kelas VIII : Jakarta ; Erlangga tahun 2007.Hal. 226-230
2.            Depdiknas : Matematika jilid 2 SMP;Jakarta ;BSE,2009.

Mengetahui                                   
Guru Pamong SMPN15                                                         Guru matematika (PLP)



(Endang ,.Mpd)                                                                           (Arvianto )





`


 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar